Read Me
Ilmu pengetahuan pada hari ini akan menjadi teknologi pada hari esok. Your Link Here

Sabtu, 10 April 2010

BUS

foto berita artikel

Bus dalam dunia IT berbeda halnya dengan bus pada istilah transportasi konvensional, walaupun mungkin mempunyai arti pekerjaan yang hampir sama, yaitu sebagai sarana transmisi, perpindahan. Bus dalam istilah IT merupakan sekumpulan kawat/kabel yang digunakan untuk transmisi data dari satu bagian komputer ke bagian komputer lainnya. JIka dianalogikan, bus seperti sebuah jalan besar yang dipakai untuk lalu lintas perjalanan data dalam komputer.

Dalam PC (Personal Computer) istilah bus ini mengacu pada bus internal. Bus internal merupakan bus penghubung semua komponen internal komputer dengan CPU dan memory utama. Terdapat juga bus ekspansi yang memungkinkan expansion board mengakses CPU dan memory.

Semua jenis bus terdiri dari 2 bagian, yaitu address bus (alamat) dan data bus (bus data). Data bus mentransfer data yang sebenarnya, sedangkan address bus mentransfer informasi lain tentang tempat di mana data harus dikirimkan. Ukuran dari tiap bus sangat menentukan besarnya data yang dapat dikirimkan pada satu waktu.

Sebagai contoh, bus 16 bit dapat mengirimkan data 16 bit, begitu juga bus 32 bit dapat mengirimkan data 32 bit. Setiap bus mempunyai clock speed yang diukur dalam MHz. Kecepatan bus yang tinggi memungkinkan transfer data yang lebih cepat pula. Pada PC, bus lama ISA telah digantikan oleh bus yang lebih cepat seperti PCI. |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsors : Best Themes | New WP Themes | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. Android Jelly Bean - All Rights Reserved
Template Design | Published New Blog Themes
Powered by Blogger
Blogger Widgets