Read Me
Ilmu pengetahuan pada hari ini akan menjadi teknologi pada hari esok. Your Link Here

Sabtu, 26 Mei 2012

Tips Reset Catridge dan Agar Catridge Tahan Lama

Sebelum menuju ke Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama, kita akan belajar dulu tentang cara kerja dari head catridge.

Head : berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta.
Catrdige : berfungsi sebagai wadah tampungan tinta yg akan mengalir ke head.
Nozzle : berfungsi sebagai lubang keluarnya tinta

Dalam hal ini, printer Canon dan HP sering mengabungkan keduanya yaitu head dan catridge menjadi 1 bagian, sedangkan Epson sering memisahkan antara head dan Catridge.

Cara Kerja :
Ketika printer diperintah untuk ngeprint, maka akan diolah oleh Chip printer dan terakhir Chip printer akan mengirim perintah ke head untuk melakukan pencetakan. Head akan mengatur filamen pemanas yg ada di dalamnya untuk mengatur tinta mana yg harus dikeluarkan untuk sebuah gambar / tulisan.

Jadi cara kerjanya adalah dengan pemanasan tinta, sehingga tinta menjadi encer dan mudah untuk di semprotkan keluar lewat jalur lubang yg sangat kecil (nozzle). Pemanasan yg berlebihan akan membuat catrid cepat panas, maka dalam hal ini tinta printer itu bertindak sebagai pendingin juga.

Jadi Fungsi tinta ini juga sebagai oli kalau dikendaraan bermotor dan sangat penting sekali, maka jangan sampai catridge dibiarkan kosong terlalu lama.

Penyebab Kerusakan :
1. Ngeprint dalam jumlah banyak dan tidak ada jeda / istirahatnya.
2. Tinta habis dan printer masih dipakai untuk ngeprint.
3. Yg warna jarang digunakan, sehingga nozzle buntu karena tinta kering, dan akibatnya akan terjadi pemanasan berlebih akibat tidak ada pendingin yaitu tinta, karena tinta macet.
4. Tinta warna habis dan tidak di isi, maka akan terjadi pemanasan berlebih pada head dan akibatnya chip di head akan terbakar.
5. Untuk tinta infus atau catridge suntik karna sering gonta-ganti merek tinta.

Tips Pencegahan :
1. Jangan ngeprint dalam jumlah banyak secara langsung, tapi kasih istirahat tiap 10 lembar, kira2x 2-5 menit, apalagi kalau ngeprint kualitas foto, kasih istirahat lebih banyak.
2. Jangan biarkan tinta habis terlalu lama, lebih bagus lagi sebelum habis diisi tinta dulu.
3. Jangan mendiamkan printer (tidak dipakai ngeprint) lebih dari 5 -7 hari. Jadi tiap minggu minimal harus ngeprint sekali yg hitam dan warna (gunakan untuk ngeprint foto).
4. Jangan sering gonta-ganti merk tinta, karena keenceran masing-masing merk tinta berbeda dan ini sangat berpengaruh pada head printer.
5. Untuk printer Infus, pastikan tinta mengalir dengan lancar menuju ke catridge, jangan sampai tersumbat atau terisi udara.
6. Jangan isi tinta terlalu penuh karena akan menyebabkan tinta tidak keluar bahkan head akan bocor akibat tekanan yg terlalu berat dari tinta, jika hal ini terjadi maka sedot ulang tinta tersebut dengan refill kit yang ada.

Tips reset cartridge printer HP [ HP 21, 22, 27, 28, 56, 57, 58 ] :
1. Refill cartridge HP anda menggunanakan tinta reffil favorit anda.
2. Ikuti diagram di atas, tutup plat elektronik yang ditanda dengan warna biru dengan isolasi bening (hati-hati, jangan menutup area lain).
3. Masukan cartridge ke dalam printer. Printer akan memberitahukan ada problem pada cartridge anda. Abaikan peringatan ini. Printer akan mencetak halaman alignment.
4. Ambil cartridge dari printer. lepaskan isolasi. Tutup plat elektronik yang ditandai dengan warna merah.

Catatan : warna biru dan merah hanyalah ilustrasi. Anda jangan memberi warna pada cartridge HP anda.

5. Ikuti langkah no 3.
6. Cabut cartridge dari printer untuk yang terakhir kali. Lepas isolasi yang menutup plat elektronik. Tempatkan kembali cartridge pada printer. Printer seharusnya mencetak halaman alignment dan estimated ink level pada toolbox seharusnya terbaca penuh.

Pas nutup pin, pin yang laen jangan sampe ketutup.

Kalo selotip dah di lepas dua-duanya trus masih muncul “Catridge(s) incorrectly installed” coba bersihin pin-pin yang ada pada gambar di catridge pelan2 pake penghapus, stop process hpqste08.exe dari task manager trus jalanin lagi HP Solution Center. Kalo tidak bisa juga silakan hubungi service center printer HP terdekat.

Info Catridge Epson :
Pertanyaannya adalah kenapa Catridge Epson tidak bisa di refil atau di suntik? maka jawabannya perhatikan gambar ini :
Coba perhatikan ruang udara (warna putih) kosong seperti labirin yang ada pada Catridge tersebut. jika tinta di suntik dari bagian atas maka tinta tidak akan masuk ke room tinta sebenarnya, karena terdapat 2 room yaitu room tinta dan room udara (kosong). Ini dikarenakan pihak Epson tidak ingin anda atau toko service berexperimen dengan menggunakan jarum suntik untuk mengisi ulang Catridge.

Meskipun tidak digambarkan di sini, cartridge juga dikatakan mengandung dua chip. Dan jika tinta mengering, maka akan membuat kartrid tidak berguna/rusak.

sumber : http://gaptekinfo.blogspot.com/2011/04/tips-reset-catridge-dan-agar-catridge.html#more
|

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsors : Best Themes | New WP Themes | Best Blogger Themes
Copyright © 2013. Android Jelly Bean - All Rights Reserved
Template Design | Published New Blog Themes
Powered by Blogger
Blogger Widgets